Skip to main content

Bagaimana Cara Membuat Blog?



Membuat blog tidak eksklusif untuk orang-orang yang paham coding saja. Siapa pun bisa membuat blog, termasuk Anda. Cara membuat blog sendiri sangat mudah, bahkan bagi Anda yang tidak paham coding sama sekali.

Ya, tanpa pemahaman coding Anda bisa membuat blog sendiri dengan mudah. Dengan bantuan platform pembuatan blog seperti WordPress, Anda bahkan bisa membuat blog hanya dalam hitungan menit!

Anda telah menemukan artikel yang tepat untuk memandu Anda membuat blog. Di artikel ini Anda tidak hanya belajar mengenai cara membuat blog di WordPress secara teknis, tetapi juga cara mengoptimasi blog yang telah Anda buat.

Cara membuat blog sendiri terdiri dari 6 langkah utama, yaitu:

  • Tentukan Topik Utama Sesuai dengan Minat Anda
  • Pilih Platform Blog Terbaik
  • Pilih Layanan Hosting Terbaik
  • Tentukan Nama Domain yang Mudah Diingat Orang
  • Install WordPress.org
  • Pahami Dasar-Dasar WordPress

Meskipun bisa dibuat dengan beberapa langkah yang mudah, blog mampu memberikan manfaat yang cukup besar. Tak hanya untuk pribadi tapi juga bagi bisnis. Apa saja?

1. Berbagi Pengetahuan.

Blog cukup lama dikenal sebagai sarana untuk berbagi ide, pengalaman maupun pengetahuan. Tak jarang pengguna internet mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari blog yang dikunjunginya.

2. Mengembangkan Potensi Diri.

Blog juga merupakan wadah bagi blogger untuk terus mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Mulai dari kemampuan menulis, hingga berbagai keahlian khusus yang dikemas dalam artikel tutorial.

3. Mendapatkan Uang Secara Online.

Tak sedikit blogger yang menggunakan blog untuk mendapatkan uang melalui iklan melalui Google AdSense. Tak heran mereka membangun blog dengan baik. Semakin menarik blog, semakin banyak pengunjung yang akan datang yang kemungkinan mengklik iklan di blog mereka

4. Meningkatkan Trafik Website.

Blog bisnis tak jarang menjadi bagian dari website resmi perusahaan. Sebab, menurut sebuah data, perusahaan yang memiliki blog bisa mendatang 55% lebih banyak pengunjung ke website mereka.

 5. Mendapatkan Banyak Leads.

Jika konten blog menarik, tak sulit untuk bisa mendapatkan leads. Tak jarang pengunjung blog yang bersedia memberikan data diri agar mendapat update artikel terbaru. Faktanya peningkatan leads dari kegiatan blogging bisa mencapai 126%. 

6. Meningkatkan Reputasi Bisnis.

Konten berkualitas yang ada di blog dapat menunjukkan tingkat keahlian (expertise) Anda di bidang tertentu. Hal ini dapat membantu membangun reputasi bisnis yang baik untuk jangka panjang.

7. Membangun Engagement.

Blog memungkinkan Anda berinteraksi dengan pengunjung di kolom komentar. Dengan memberikan jawaban yang tepat atas feedback yang diberikan pengunjung, kedekatan (engagement)bisa terbangun dengan baik.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Install WordPress Di Self Hosting

Di poin ini saya akan membahas cara instalasi blog di platform WordPress.org. Sebenarnya, jika membeli hosting di Niagahoster , Anda tidak perlu menginstall WordPress secara manual. Niagahoster menyediakan fitur Auto Install WordPress yang meringankan pekerjaan Anda. Walaupun begitu, saya tetap akan menjelaskan cara install WordPress secara manual kalau Anda lupa mengaktifkan fitur Auto Install WordPress saat membeli hosting. Berikut adalah cara menginstall WordPress secara manual: Langkah 1 Login cPanel Login ke cPanel melalui tautan yang diinformasikan melalui email, biasanya seperti ini: http://namadomainanda/cpanel Langkah 2 Buka Softaculous Installer Pada bagian SOFTACULOUS APPS INSTALLER, klik logo WordPress Langkah 3 Klik Tombol Install Now Langkah 4 Pilih Domain   Pilih domain Anda pada kolom Choose Domain, kolom In Directorysilakan dikosongkan Langkah 5 Isi Detail Website Isi nama website Anda beserta deskripsinya, pada kolom Site Name dan Site Descriptio